Kampung Naga (3) – Penduduk Kampung Naga

Posted: Maret 14, 2011 in Kampung Naga
Tag:

Saat ini, jumlah penduduk Kampung Naga diperkirakan ada sekitar 300 jiwa lebih, yang terbagi dalam 109 kepala keluarga (KK). Karena itu jumlah bangunan rumah di Kampung Naga ada 109, ditambah dengan bangunan khusus sebanyak 4 buah, maka total bangunan ada 113. Bangunan khusus ini terdiri dari:

  • Bumi Ageung (rumah untuk menyimpan pusaka dan dianggap keramat)
  • Bumi Patemon (tempat untuk pertemuan warga)
  • Masjid
  • Leuit (lumbung padi bersama)
Kampung Naga
Salah satu kios yang menjual souvenir

Sebagai masyarakat agraris, mata pencaharian sebagian besar penduduk Kampung Naga adalah bertani dengan hasil bumi utamanya adalah padi. Selain bertani, beberapa warga juga ada yang berternak. Hewan peliharaan yang umum diternakkan adalah ayam kampung dan kambing. Sejak banyaknya wisatawan yang mengunjungi Kampung Naga, beberapa warga pun berinisiatif untuk membuat kerajinan tangan ataupun berdagang makanan/minuman ringan.

Dalam kesehariannya, penduduk Kampung Naga hidup dengan bersahaja. Kaum laki-lakinya pergi ke sawah. Apabila sedang santai, biasanya mereka duduk santai di teras rumah sambil mengobrol dengan tetangga ataupun dengan wisatawan yang sedang berkunjung. Kaum wanitanya biasanya lebih banyak mengurusi dapur ataupun mengasuh anak yang masih kecil. Adapun anak-anak pada pagi hari biasanya pergi bersekolah dan sepulang sekolah mereka akan bermain bersama.

Kampung Naga

Anak-anak Kampung Naga bermain bola

Salah satu hal yang fenomenal dari Kampung Naga ini adalah arsitektur bangunannya yang sudah teruji tahan gempa. Hal ini terbukti ketika gempa berkekuatan 7,3 SR mengguncang Tasikmalaya 2 September 2009 silam, tak ada satupun rumah warga Kampung Naga yang roboh ataupun mengalami kerusakan yang berarti. Sejak saat itu, Kampung Naga dijadikan percontohan sertifikasi desain arsitektur bangunan hijau dan hemat energi Indonesia oleh Green Building Council of Indonesia (GBCI). Sebuah contoh kearifan lokal yang mengagumkan!

Kampung Naga

Nirwan, salah satu bocah Kampung Naga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s